Jumat, 27 Juni 2008

Kiat memilih sekolah yang tepat bagi anak


Dalam angka mencarikan tempat mencai ilmu bagi putra -putri kita adalah suatu yang wajar dan pasti dilakukan oleh setiap orang tua. berbagai sumber untuk mendapatkan sekolah yang terbaik bagi-anak kita dalah suatu keharusan agar anak kita menjadi anak yang berguna kelak.

pembaca yang budiman

Nabi ibrahim adalah seorang yang sukses dalam mendidik anak hingga keturunannya menjadi orang yang berguna dan disegani oleh siapapun. maka tidak ada slahnya jika menggunakan metodenya untuk mendsapatkan sekolah yang terbaik pada putra-putri kita.

konsep nabi ibrahim AS tertuang di dalam ayat 37 surat ibrahim

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Ya Tuhan kami, Sesungguhnya Aku Telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, Ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, Maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, Mudah-mudahan mereka bersyukur. ( QS.Ibrahim :37)

ada tiga kata kunci yang digunakan oleh nabi Ibrahim AS yaitu

1. lembah yang tandus

sebagai umat islam hendaknya jika mencarikan tempat bagi anak-anak kita yang seperti nabi ibrahim yaitu tandus berarti minim fasilitas kondisi itu menjadikan anak kita terlatih menjadi anak yang mandiri dan cerdas karena terus berusaha

2. dekat rumah engkau

satu hal yang sering kita lupakan adalah ini, yaitu mencarikan tempat yang dekat dengan tempat ibadah, sering diantara kita mengejar sekolah favorit tetapi tidak berusaha mengejar sekolah yang mengharuskan siswanya berjamaah. Hendakanya ketika kita mendaftarkan anak kita yang pertama kali kita tanyakan adalah : mushollanya di mana ? kegiatan ibadahnya siswa di sini bagaimana ?

3. mendirikan solat

sungguh sebuah setiap orang tua, mempunyai anak yang tidak sekedar melaksanakan solat tetapi mendirikan solat , mengapa jika anak kita bisa mendirikan solat ..... cukuplah jika anak mempunyai sikap seperti al fatihah dalam kehidupannya. pasti tidak ada anak yang tidak menyenangkan bagi orang tuanya di dumia dan akhirat.

maka hendaknya jika kita mencarikan sekolah bagi anak-anak kita tanyakanlah pada lembaga tersebut : siswa di sini jamaahnya bagaimana ?

sudahkah kita memperhatikan konsep nabi ibrahim ini.... ? ( wallahu a'lam )

Tidak ada komentar: